Suatu hari,pemilik apartemen menerima komplain dari pelanggannya.Para pelanggan mulai merasa antrian mereka di pintu lift terasa lama karena bertambahnya penguni di apartemen tersebut.Menanggapi hal itu,si pemilik apartemen mengundang sejumlah pakar untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi.
Dari sekian banyak pakar yang datang,mereka di antaranya ada yang menyarankan agar menambah jumlah lift.Dengan penambahan jumlah lift tentu waktu untuk mengantri akan berkurang.Sementara itu ada pakar lain yang menyarankan pemilik apartemen untuk mengganti lift yang lebih cepat,dengan asumsinya yaitu orang-orang akan lebih cepat terlayani. Kedua saran tersebut pastinya memerlukan biaya yang tidak sedikit.
Kemudian satu pakar lainnya mulai angkat bicara..
" INTI DARI KOMPLAIN PELANGGAN APARTEMEN ANDA ADALAH KARENA MEREKA MERASA LAMA MENUNGGU "
Anehnya,pakar tersebut hanya menyarankan untuk menginvestasikan kaca cermin di depan lift.
Setelah dikaji kembali,ternyata ada benarnya juga.Pakar tadi menyarankan agar menginvestasikan cermin di depan lift,agar pelanggan yang tadinya merasa menunggu lift teralihkan perhatiannya dari pekerjaan menunggu.
Moral yang ada dalam cerita pendek ini merupakan filosofi yang disebut KISS [Keep It Simple Stupid],yaitu SELALU MENCARI SOLUSI PALING SEDERHANA,SEHINGGA ORANG BODOH SEKALIPUN DAPAT MELAKUKANNYA.
Oleh karena itu cobalah untuk menyusun solusi yang paling sederhana dan memungkinkan untuk membantu terpecahkannya masalah yang ada.
Intinya adalah; FOKUS KEPADA SOLUSI,BUKAN BERFOKUS PADA MASALAH.
^;^]s0Lve d' pROBLem by ur sELF!
Chubby..
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar